Monday, January 22, 2007

Klepon(Indonesia)/Buah Melaka (Malaysia)


Bingung mau bikin apa buat teman minum teh anget nanti sore?. Kenapa nggak coba bikin klepon aja ya, kayaknya sudah lama juga aku nggak bikin klepon nih. Rasanya aku masih punya sisa tepung ketan di kabinat. Alhamdulillah, masih ada dan cukupan deh buat bikin klepon. Klepon yang aku buat ini nggak pake air kapur, tekstur akhirnya nggak lembek lho, kenyal, dan tetap lembut. So bagi yang susah nyari airkapur , nggak usah bingung-bingung. Coba resep ini Insya Allah jadi …

Bahan:
200 gram tepung ketan
¾ gelas atau 200 ml air suam
¼ sdt garam
Irisan gula merah secukupnya
1500 ml air untuk merebus
Setitis pewarna hijau
Daun pandan (optional)

Taburan :
Parutan kelapa setengah tua diambil dari ½ biji kelapa. Dikukus sebentar, kemudian taburi gula sedikit (optional).

Cara membuat:
1.Dalam wadah masukkan tepung yang sudah dicampur garam, lubangi tengahnya.
2.Campur airsuam dengan pewarna, tuang setengah dibagian lubang tadi, uleni. Lanjutkan dengan menuangi air sedikit-sedikit sambil diuleni. Kalau adonan sudah bisa dipulung tak perlu ditambah air lagi.
Adonan jangan terlalu lembek.
3. Panaskan air untuk merebus klepon, masukkan daun pandan.
4. Ambil sejumput adonan, leperkan ditangan kiri, isi dengan gula merah (jangan terlalu banyak nanti keluar). Bentuk menjadi bulat-bulat. Letakkan dalam wadah melamin (supaya tidak mudah melekat). Jangan terlalu lama membiarkan adonan ini, karena cepat kering, kalau sudah cukup misalkan 10 biji terus masukkan ke air rebusan.
5.Kalau air sudah mendidih masukkan klepon satu persatu. Letakkan sebelah menyebelah, jangan ditumpuk. Sebab klepon akan mengembang. Setelah klepon mengambang itu tandanya sudah masak, bisa diangkat. Toskan. Setelah 3 menit segera pindahkan ke atas taburan kelapa.
6. Siapkan wadah lebar, misalkan piring,taburi dengan kelapa parut lebih dulu.Letakkan klepon diatasnya.
Taburi kelapa lagi.Pada saat ini klepon memang lengket, karena itu kita guling-gulingkan klepon pada parutan kelapa lalu kita letak sebelah tepi, demikian seterusnya. Selamat mencoba…..

Catatan:
-Pada waktu memasak,klepon memang kelihatan agak lembek, tapi kalau sudah dingin akan berubah menjadi kenyal.
-Kalau tak ada wadah melamin, bisa pakai piring kaca, tapi waktu mengangkat klepon caranya jangan terus diangkat keatas. Tetapi digeser dulu terus diangkat. Supaya adonan nggak pecah.

Hasil akhir : Tergantung besarnya klepon sih, kira-kira 45-50 biji.

No comments: