Thursday, May 10, 2007

Martabak Manis (Apam Balik)



Martabak manis dikenal juga dg nama Apam Balik di Malaysia. Aku bikinnya pakai non sticky pan, bukan pake loyang martabak(habis gak punya siy..). Kalau pakai pan ini, apinya jangan terlalupanas, bisa langsung gosong bawahnya sedangkan atasnya belum matang lagi. So harus pandai-pandai jaga apinya. tapi yg pasti waktu pertama apinya harus panas (medium kali ya untuk ukuran on sticky pan).Supaya adonannya bisa berongga-rongga, baru kemudian kecilkan api sampai matang.

ini resepnya :


Martabak Manis
Sumber : Vita
Modifikasi : dewi anwar
Bahan A :
- 125 gr tepung segitiga biru, ayak (aku pake merk lain..terserah aja..)
- 25 gr gula pasir
- 1/4 sdt baking powder
- 1/4 sdt garam
- 175 ml air
- 1/2 sdt ragi instant


Bahan B :
- 2 butir telur
- 1/8 sdt soda kue
- 25 gr gula pasir


Bahan tambahan
- gula pasir
- Margarin untuk olesan
- Susu kental manis
- Keju cheddar, meises, kacang tanah sangrai cincang kasar


Cara Membuat
1. Kocok dengan mixer bahan A (kecuali ragi) sampai lembut, masukan ragi, aduk rata, diamkan selama 1~2 jam (aku biarkan sampai 2 jam)


2. Kocok lepas bahan B, lalu masukan kedalam adonan A, aduk rata.

3. Panaskan loyang martabak, tuang adonan, ratakan pinggirnya, biarkan adonan mengeluarkan buih, membentuk rongga, taburi gula pasir, tutup loyangnya, biarkan matang. (aku pakai non sticky pan, karena gak punya loyangnya)


4. Angkat martabak, pindahkan ke tempat datar (talenan), belah 2 sama rata, panas2 olesi dng margarin, tuang susu kental manis sedikit2, taburi keju parut ato meises, tutup dng bagian lainnya.( Martabaknya nggak aku belah 2 ,mengikut tradisi di sini martabaknya langsung diisi lalu dilipat 2 diatas non sticky pan)

5. siap disajikan
catatan; untuk adonan martabaknya aku diamkan 2 jam. Isinya aku nggak pake susu kental manis.

No comments: